photo ezgif-974218800_zpscvz2hk2l.gif

Minggu, 21 Desember 2014

Cara Mengobati Radang Telingah Tengah

Mengalami radang telinga tengah tentunya sangat mengganggu, jangankan untuk beraktifitas atau lainnya, saat sedang diam pun penderita tidak bisa merasa nyaman. Rasa nyeri pada telinga akan dialami oleh penderita selama gangguan ini tidak segera ditangani, jika tidak segera ditangani atau diobati, anda mengalami masalah ini bisa beresiko tuli. Sungguh lebih tidak menyenangkan lagi bukan.

Untuk bisa terhindar dari gangguan ini, maka ada baiknya anda segera obati sebelum penyakit radang telinga tengah anda semakin parah.

Untuk mengatasi rasa nyeri telinga umunya dapat digunakan tiga jenis obat, yakni obat anti nyeri, obat pemati rasa dan obat penciut pembuluh.

Sebagai pilhan pertama adalah parasetamol atau mefenamat dan asetosal sebagai pilhan kedua, anak kecil sebaiknya jangan diberi asetosal berhubung resiko timbulnya efek samping yang jarang terjadi tetapi hebat (radang otak).



Untuk mempercepat dan memperkuat efeknya, biasanya diberikan juga obat pemati rasa lokal pada tetes telinga, yakni lidokain (otopain).

Dalam keadaan darurat 1-2 tetes minyak kacang yang dihangatkan terlebih dahulu (dalam sendok) berguna sekali untuk meringankan nyeri.

Obat penciut pembuluh

Disamping itu perlu sekali untuk memberikan tetes hidung yang mengandung zat penciut pembuluh dengan daya antibengkak, misalnya ksilometazolin (otrivin) atau oksimetazolin (afrin, lliadin).

Tetes hidung ini mencapai TE di rongga hidung atau tenggorok dan dapat menciutkan pembuluh mukosa didalam tabung yang tersumbat, setelah itu cairan yang tertimbun di rongga TT dapat mengalir keluar (ke tenggorok) dan rasa nyeri akan hilang.

Anak kecil dibawah usia 1 tahun lebih baik telinganya di teteskan larutan garam fisiologi 0,9% (3 kali sehari 0,3 ml) atau membilas hidungnya dengan larutan tersebut.

Larutan ini dapat juga dibuat sendiri dengan melarutkan 1 sendok teh mapar garam dapur (±3 g) dalam 1 gelas besar air matang (± 330 ml).

Dengan pengobatan ini pada umunya peradangan akan sembuh dalam 2-3 hari, bila tidak sembuh sebiaknya berkonsultasi ke dokter.

0 komentar:

Posting Komentar